Teknologi Canggih Yang Digunakan di Pertandingan Sepak Bola

Teknologi Canggih Yang Digunakan di Pertandingan Sepak Bola – Piala dunia merupakan ajang perlombaan sepak bola terbesar di dunia yang di selenggarakan setiap 4 tahun sekali. Pada tahun ini, Rusia di pilih sebagai tuan rumah dari piala dunia. Meskipun sepak bola bukan menjadi olaharaga favorit dari warga Rusia, namun penyelenggaraan piala dunia di Rusia tetap di sambut oleh antusias warga sekitar.

Di piala dunia tahun ini, untuk pertama kalinya wasit di bantu oleh VAR atau Video Assistant Refferee selama pertandingan. VAR akan mengawasi jalannya pertandingan dan membantu wasit dalam mengambil keputusan. Wasit yang berada di lapangan akan berkonsultasi kepada VAR terlebih dahulu sebelum memberikan keputusan – keputusan fatal seperti pinalty, offside, atau kartu merah.

VAR di anggap menjadi salah satu terobosan baru dalam dunia olahraga. Meskipun banyak orang yang kurang setuju akan penggunaan VAR, namun nyatanya teknologi ini sangat membantu wasit dalam mengambil keputusan. Ternyata, VAR bukan satu – satunya teknologi yang di gunakan pada pertandingan sepak bola. Berikut ini adalah beberapa teknologi canggih yang di pakai saat pertandingan sepak bola.

3 Teknologi Canggih Yang Digunakan di Pertandingan Sepak Bola

Techno Wear

teknologi canggih yang digunakan saat pertandingan sepak bolaTechno Wear merupakan sebuah alat yang dapat mengawasi tingkat hidrasi tubuh dan juga detak jantung. Awalnya, teknologi ini di gunakan untuk perenang. Namun, akibat dari kejadian Marc Vivien Foe, pemain Manchester City yang meninggal mendadak saat pertandingan berlangsung, membuat David Evans menciptakan alat dengan cara kerja serupa namun untuk pemain bola.

Microchip Ball

micro chip ballSesuai dengan namanya, Microchip Ball merupakan chip berukuran 15 MM yang di tanamkan ke dalam bola. Chip yang di tanam di dalam bola tersebut akan mengirimkan sinyal melalui tiang – tiang pemancar yang ada di sekeliling lapangan saat bola melewati garis gawang alias Goal.

Jarak waktu pengiriman sinyal oleh Microchip Ball kurang dari 5 detik. Hal ini sangat membantu wasit dalam saat ragu memberikan keputusan Goal.

Baca juga:

Goal Line Technology

Goal Line TechnologyHampit mirip dengan Microchip Ball, Goal Linee Technology atau GLT juga alat yang dapat membantu wasit dalam memutuskan goal. Alat ini di simpan tepat pada garis gawang. Sehingga akan memancarkan sinyal saat bola melewati garis gawang tersebut.

Kinesio Plaster

Kinesio PlasterMeskipun plester ini telah ditemukan oleh dokter dari Jepang pada tahun 1970-an, tetapi hanya dalam satu dekade ini rekaman Kinesio baru digunakan oleh para pemain sepakbola. Manfaat menggunakan plester ini adalah untuk mencegah cedera otot karena aktivitas yang berat selama latihan.

MicoachMicoach adalah alat yang ditanamkan di sepatu sepak bola yang berfungsi untuk mengetahui dan mencatat statistik kinerja kecepatan, kecepatan maksimum, jumlah sprint, jarak, jarak waktu dan tingkat intensitas secara akurat. Memori Micoach dapat merekam semua data pertandingan hingga 7 jam dan dapat ditransfer secara nirkabel ke tablet, PC dan Mac.

Anti Diving

Anti DivingAlat kecil ini biasanya dimasukkan dalam dek atau pelindung tulang kering. Fungsi dari penggunaannya sendiri sebagai anti-diving dimana microchip di dalamnya dapat mendeteksi benturan kaki antar pemain. Jadi pemain yang suka menyelam harus diminta untuk menggunakan alat ini.

Demikianlah Teknologi Canggih Yang Digunakan di Pertandingan Sepak Bola. masih banyak teknologi canggih lainnya yang digunakan saat pertandingan sepak bola terutama pertandingan berkelas seperti piala dunia atau ajang berkelas lainnya, share pengetahuan bermanfaat ini ke temnan anda pecinta bola