Situs ROM Bajakan Mulai Berguguran! Kini Giliran EmuParadise!

Jika kalian sering menggunakan emulator untuk memainkan game lama tentu akan kenal dengan situs ROM bajakan satu ini. Setelah bertahun-tahun menemani para gamer dengan game retro, EmuParadise sudah menghapus seluruh game mereka.

Untuk memainkan game lama yang sudah sangat susah sekali dicari, emulator tentu menjadi solusi termudah bagi para gamer untuk bernostalgia. Sudah ada banyak sekali emulator yang bertebaran, di mulai dari Nintendo Entertainment System, SEGA Mega Drive menuju Nintendo 64.

Tentunya, mencari konsol jadul yang masih berfungsi sangatlah sulit, apalagi untuk mencari game yang ingin sekali dimainkan. Ditambah lagi, konsol retro menggunakan input lama yang sudah tidak didukung oleh TV maupun monitor modern.

situs rom bajakan emuparadise - snes mini

Dengan konsol mungil ini, kalian bisa memainkan sejumlah game SNES.

Nintendo dan beberapa manufaktur lainnya mungkin memiliki produk seperti NES Mini, SNES Mini maupun C64 Mini, namun sayangnya tidak semua konsol retro memiliki versi modern. Ditambah lagi, seleksi game yang dapat dimainkan sangat terbatas.

Sebagai solusi termudah, tentu emulator dapat dianggap sebagai solusi yang ilegal. Pasalnya, game yang kalian unduh didistribusikan secara gratisan tanpa mendukung para pengembang yang bersangkutan. Hal ini berlaku untuk game yang cukup modern, namun susah dilakukan untuk game lama yang susah dicari.

Sudah bertahun-tahun menemani para gamer untuk menghadirkan berbagai macam game dari masa ke masa, situs ROM bajakan populer EmuParadise mulai menutup seluruh link untuk mengunduh game yang kalian inginkan.

Melalui pengumuman pada situs resmi EmuParadise, pemilik situs menyatakan bahwa saat ini sudah sangat susah untuk menyediakan ROM secara semi-legal. Dari pernyataan tersebut, pemilik situs EmuParadise sudah menghapus seluruh tautan untuk mengunduh ROM dari situs mereka.

situs rom bajakan emuparadise - berita sedih

Inilah yang terjadi apabila kalian mencoba untuk mengunduh game di EmuParadise.

Hal ini bisa saja memiliki sangkut paut dengan kasus yang saat ini terjadi dengan beberapa situs penyedia ROM, terutama LoveRoms dan LoveRetro. Kedua situs ini dituntut oleh Nintendo karena telah menyediakan ROM secara ilegal.

Bagaimana nasib para retro gamer ke depannya? Apabila para manufaktur tidak ada yang ingin menciptakan ulang konsol jadul mereka, para gamer tidak akan memiliki akses untuk memainkan game retro.