Panduan Cara Membuat Blog di Medium untuk Pemula, Sangat Lengkap!

Medium? Mungkin Anda yang masih belum mengenal platform untuk blogging yang satu ini, tentu bertanya-tanya, apa itu Medium?

Medium adalah platform penerbitan tulisan secara online yang dikembangkan oleh Evan Williams. Platform ini merupakan milik dari A Medium Corporation yang diluncurkan pada 15 Agustus 2012. Medium sendiri sering disebut sebagai platform yang berada diantara Twitter dan Blog.

Meskipun, Medium masih belum populer tapi platform yang satu ini layak Anda coba. Hal itu berdasarkan dari review beberapa pengguna Medium yang menyebutkan beberapa keunggulan dari Medium dibandingkan platform lainnya seperti pembuatan konten di Medium lebih mudah dan sederhana (termasuk pengaturannya), terdapat tombol rekomendasi pada setiap tulisan, tampilannya yang clean, minimalis dan simpel, terdapat fitur bookmark, format tulisan yang sederhana dan yang lainnya.

Tertarik ingin mencobanya? Untuk informasi lebih lanjut, mari simak penjelasan cara membuat blog di Medium dibawah ini.

Cara Membuat Blog di Medium

Membuat blog di Medium sangatlah mudah dan sederhana. Berikut dibawah ini cara membuat blog di Medium bagi pengguna baru.

1. Buka Medium di browser Anda. Lalu, klik tombol Get started.

klik tombol Get started

2. Bergabung dengan Medium melalui akun dengan mengklik tombol Sign up with Google atau Sign up with Facebook.

Sign up with Google atau Sign up with Facebook

3. Setelah itu, klik tombol Dive in.

klik tombol Dive in

4. Selanjutnya, pilih 3 topik atau lebih yang menarik bagi Anda seperti pada gambar dibawah ini.  Lalu, klik tombol Start reading.

klik tombol Start reading

5. Kemudian, Anda akan diarahkan ke halaman utama Medium. Klik ikon profil Anda seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.

Klik ikon profil Anda

6. Untuk membuat blog baru, klik pilihan New story.

cara membuat blog di Medium untuk pemula

7. Sekarang waktunya Anda menulis. Masukkan judul dan konten dari tulisan Anda pada tempat yang sudah disediakan seperti pada gambar dibawah ini.

waktunya Anda menulis

8. Anda dapat mengedit format tulisan Anda dengan mem-block tulisan yang akan diedit lalu pilih opsi yang diinginkan seperti bold, italic, insert link dan yang lainnya.

bold, italic, insert link

9. Untuk menambahkan gambar pada tulisan Anda, tekan enter untuk memberi ruang kosong kemudian letakkan kursor sampai muncul ikon (+). Lalu, klik ikon (+) maka akan muncul opsi untuk menambahkan foto, video, dan yang lainnya.

Lalu, klik ikon (+)

10. Hasilnya akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini.

Hasilnya akan terlihat seperti ini

11. Nah, jika Anda sudah selesai membuat tulisan Anda. Sekarang, waktunya mempublikasikannya dengan cara mengklik tanda panah di menu Publish (berada di sudut kanan atas) lalu tekan tombol Publish. Jika Anda ingin menambahkan tag pada tulisan Anda, masukkan tag-tag tersebut di Add a tag… seperti pada gambar dibawah ini.

cara membuat blog di Medium

Menjadwalkan Tulisan

12. Anda juga menjadwalkan kapan tulisan Anda akan dipublikasikan. Caranya yaitu dengan klik tanda panah di menu Publish Scheduling: None seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.

di menu Publish > Scheduling

13. Kemudian, pada Schedule to be published on, tentukan tanggal dan waktunya lalu klik tombol Save seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.

cara membuat blog di Medium

14. Sekarang, waktu publikasi tulisan Anda sudah berhasil dijadwalkan. Hasilnya akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini.

waktu publikasi tulisan

15. Selain itu, di samping tombol Publish atau Scheduled, terdapat fitur lanjutan untuk mengelola setiap tulisan yang Anda buat yang berupa ikon 3-dots. Ketika Anda mengklik ikon tersebut akan tampil beberapa fitur lainnya sepertyi Share draft, Revision history, Visibility, Licensing, dan yang lainnya.

di samping tombol Publish atau Scheduled

cara membuat blog di Medium

16. Jika Anda kembali ke halaman utama Medium, untuk melihat semua story yang pernah Anda buat, klik ikon profil Anda > Stories seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.

klik ikon profil Anda > Stories

17. Nah, disini Anda dapat melihat story Anda yang sudah dipublikasikan dan yang tersimpan didalam draft.

cara membuat blog di Medium

Mudah dan sederhana, bukan? Sekian pembahasan tentang cara membuat blog di Medium. Baiklah, semoga pembahasan yang telah dijelaskan diatas bermanfaat dan selamat mencoba. Terima kasih!