Mengapa Memory Card Berukuran Besar Lebih Lambat? Ini Jawabannya!

Mungkin ada yang merasakan hal ini, terutama bagi para pengguna smartphoneMemory card berukuran besar lebih lambat dibandingkan yang berukuran lebih kecil. Benarkah demikian?

Hal ini pada dasarnya adalah mitos. Anggapan ini sangat populer di kalangan pengguna smartphone, terutama yang berhubungan dengan memory card atau MMC.

Sebenarnya kecepatan baca memori memiliki banyak faktor, seperti faktor prosesor, kecepatan arus listrik memori, dan lain sebagainya.

Lalu mengapa memori besar di smartphone, terasa lebih lambat dibandingkan memori yang lebih kecil? Berikut alasan umumnya mengapa terasa lebih lambat, cekidot!

1

Mengapa Memory Card Berukuran Besar Lebih Lambat? Ini Jawabannya!

Mau ukuran besar atau kecil, jika memori sudah terlalu penuh, otomatis performa smartphone akan terasa lebih lambat.

Hal ini disebabkan prosesor smartphone, harus memproses berbagai file yang ada sebelum ditampilkan. Terlebih jika file ingin ditampilkan dalam bentuk thumbnail. Terlebih jika isi memori berisi banyak file media, seperti foto maupun video.

Oleh karena itu, usahakan melakukan backup dengan cara memindahkannya ke PC. Jika isi memori sudah cukup lega, kemungkinan besar smartphone akan terasa lebih cepat dibanding biasanya.

2

Mengapa Memory Card Berukuran Besar Lebih Lambat? Ini Jawabannya!

Terkadang ada orang yang lalai dengan spesifikasi smartphone mereka. Biasanya ada spesifikasi khusus, di mana prosesor smartphone hanya mampu membaca memory card maksimal dalam ukuran tertentu.

Biasanya secara umum smartphone di zaman sekarang maksimal bisa membaca kartu memori berukuran 256GB. Jika melebihi ukuran tersebut, masih bisa terbaca, akan tetapi akan mengalami kelambatan membaca dibanding biasanya.

3

Sumber: Raspberry Pi

Class dari kartu memori, ternyata sangat berpengaruh terhadap kecepatan membaca memori. Semakin tinggi class, akan semakin tinggi pula kecepatan yang didapat.

Hal ini berkaitan dengan kecepatan arus listrik yang bisa dihantarkan dalam memory card. Class yang tinggi, sudah memiliki kecepatan hantar daya arus yang tinggi, sehingga menjadikan pembacaan kartu memori lebih cepat.

4

Sumber: beolovers

Hal ini sudah pasti dan tidak perlu dipertanyakan kembali. Jika memory card yang dimiliki palsu, besar kemungkinan akan mengalami performa yang lambat. Apalagi jika memory card rusak.