Kenapa, Ya, Kepala Saya Sakit di Siang Menjelang Sore Hari?

Kenapa, Ya, Kepala Saya Sakit di Siang Menjelang Sore Hari?

Sakit kepala bisa menyerang kapan saja, termasuk di tengah jam makan siang atau menjelang sore hari saat pulang kantor. Ya, beberapa orang sering mengeluh sakit kepala di siang hari menjelang sore. Katanya, hal ini disebabkan karena faktor kelelahan atau beban pikiran yang menumpuk di kepala setelah seharian beraktivitas. Apa benar begitu?

Sebenarnya, sakit kepala di siang hari itu apa, sih?

sakit kepala pada diabetes

Pada dasarnya, sakit kepala di siang hari menjelang sore (afternoon headache) itu sama seperti jenis sakit kepala lainnya. Rasa nyerinya dapat terjadi pada sebagian atau seluruh kepala. Satu-satunya yang membedakan hanyalah soal waktu, yaitu lebih sering muncul di siang hari hingga sore hari.

Dikutip dari Healthline, sakit kepala di siang hari biasanya disebabkan oleh aktivitas yang Anda lakukan pada hari tersebut. Misalnya karena kelelahan setelah seharian beraktivitas, kurang minum, telat makan, dan sebagainya.

Jenis sakit kepala ini sebetulnya tidak berbahaya karena biasanya gejalanya akan berkurang di malam hari. Akan tetapi pada beberapa kasus, rasa sakitnya bisa semakin parah dan menandakan adanya masalah kesehatan yang serius.

Apa saja penyebab sakit kepala di siang hari?

Penyebab sakit kepala di siang hari bisa bermacam-macam, mulai dari yang terlihat sepele hingga perlu segera dicek ke dokter. Berikut ini penyebab sakit kepala di siang hari yang perlu Anda ketahui.

1. Gaya hidup

perut perih setelah minum kopi

Kelamaan berada di bawah sinar matahari, dehidrasi, atau stres di kantor bisa menjadi penyebab sakit kepala di siang hari. Dehidrasi, misalnya, dapat membuat otak kekurangan oksigen sehingga menimbulkan tekanan berlebihan di kepala dan menyebabkan sakit kepala.

Kebanyakan atau kurang tidur juga dapat memberikan efek yang sama. Maka itu, langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengubah pola hidup. Contohnya jika Anda mengalami sakit kepala di siang hari akibat kebanyakan minum kopi, maka segera kurangi porsinya untuk meredakan sakit kepala.

2. Sakit kepala tegang

Sakit kepala tegang alias tension headache menjadi salah satu penyebab sakit kepala di siang hari yang paling umum. Penyakit ini nyatanya lebih sering dialami oleh wanita ketimbang laki-laki.

Sakit kepala tegang ditandai dengan nyeri tumpul yang terasa menekan dan mengikat seluruh bagian kepala. Seringnya juga diikuti dengan sensasi tidak nyaman di leher belakang.

Kondisi ini biasanya dipicu oleh stres berlebihan. Sebagai solusinya, coba kelola tingkat stres Anda dengan latihan pernapasan atau olahraga untuk meredam stres dan sakit kepala yang mengganggu.

3. Sakit kepala sebelah

sakit kepala sebelah kiri

Salah satu jenis ‘sakit kepala sebelah‘ adalah sakit kepala cluster (cluster headache). Jenis sakit kepala ini ditandai dengan rasa nyeri yang tiba-tiba muncul di belakang mata atau area sekitar mata, namun hanya terjadi di salah satu sisi kepala. Entah itu di kepala bagian kanan atau kiri.

Kondisi ini sering kali menjadi penyebab munculnya sakit kepala di siang hari dan berlanjut hingga sore hari. Selain sakit kepala, penyakit ini umumnya diikuti dengan gejala lainnya, yaitu:

  • Mata merah sebelah, yaitu di salah satu sisi kepala yang sakit
  • Pilek tiba-tiba
  • Wajah berkeringat
  • Kulit pucat

Sayangnya, penyebab sakit kepala cluster belum diketahui. Namun, kebiasaan minum alkohol dan efek samping obat penyakit jantung dapat memicu dan memperparah sakit kepala sebelah.

4. Tekanan rongga kepala spontan

tekanan rongga kepala

Sakit kepala di siang hari juga dapat disebabkan oleh tekanan rongga kepala spontan (SIH), atau sering disebut juga dengan sakit kepala tekanan rendah. Lagi-lagi, kondisi ini lebih sering dialami oleh wanita ketimbang pria, terlebih bagi Anda yang divonis memiliki jaringan ikat yang lemah di otak.

Sakit kepala di siang hari akibat SIH terasa menusuk di kepala belakang dan menjalar ke leher. Bahkan, nyerinya dapat terasa semakin parah saat bersin atau batuk, mengejan saat buang air besar, olahraga, membungkuk, hingga saat berhubungan seks.

Sakit kepala akibat SIH biasanya diikuti dengan gejala lainnya, yaitu:

  • Sensitif dengan cahaya atau suara
  • Mual atau muntah
  • Telinga berdenging
  • Pusing
  • Sakit punggung hingga dada
  • Penglihatan ganda

5. Tumor otak

tumor otak

Saat sakit kepala terasa semakin parah dan tak kunjung sembuh, Anda mungkin mulai cemas takut tiba-tiba mengidap tumor otak. Namun kenyataannya, sakit kepala di siang hari jarang menjadi tanda tumor otak, kok.

Pasalnya, sakit kepala karena tumor otak dapat terjadi kapan saja – entah itu pagi, siang, atau malam – alias tidak terjadi pada satu waktu saja. Sakit kepala akibat tumor pun biasanya diikuti oleh gejala lainnya, yaitu:

  • Mual
  • Muntah
  • Kejang
  • Pandangan buram atau penglihatan ganda
  • Masalah pendengaran
  • Sulit berbicara
  • Lengan dan kaki mati rasa

Meski begitu, sakit kepala di siang hari bisa saja menjadi pertanda tumor otak. Untuk memastikan penyebabnya, segera konsultasikan ke dokter bila Anda mengalami salah satu gejalanya.

Baca Juga: