Kebiasaan-Kebiasaan Yang Berubah Atau Bahkan Hilang Semenjak Adanya Handphone

Teknologi memang diciptakan untuk mempermudah manusia dalam menjalani aktifitas sehari-harinya. Namun seiring berkembangnya teknologi ke arah yang lebih baru dan canggih, banyak juga kebiasaan manusia yang ikut berubah. Salah satunya adalah kebiasaan manusia yang berubah setelah muncul mobilephone hingga smartphone.

Tak bisa dipungkiri setelah adanya mobilephone, masalah komunikasi dengan teman ataupun kerabat dapat terbantu dengan sangat mudah dan praktis. Kita tak perlu lagi saling berbalas surat kepada sanak saudara yang tinggal ditempat yang jauh. Karena dengan mobilephone kita bisa dengan mudah berkomunikasi dengan mereka. Selain kebiasaan surat menyurat yang punah, masih banyak lagi loh kebiasaan-kebiasaan yang hilang setelah muncul mobilephone. Berikut ulasannya!

1. Berinteraksi secara langsung

photo via : uprint.id

Sejak munculnya mobilephone, hal yang paling cepat dirasakan berubah adalah percakapan langsung. Dulu sebelum mobilephone dikenal, semua orang melakukan interaksi sosial dengan bercakap-cakap secara langsung. Memberi dan mencari informasi mereka lakukan lewat pembicaraan langsung. Bahkan mereka bisa berpergian jauh hanya untuk mendapatkan kabar orang-orang terdekat atau sekedar mencari berita. Memang hal tersebut mungkin akan sulit jika dilakukan dimasa sekarang yang serba canggih ini. Maka dari itu kita harus bersyukur hidup dijaman modern ini, karena untuk berkomunikasi dengan kerabat atau teman yang jauh kita hanya perlu menyalakan smartphone kita dan melakukan video call ataupun chatting.

2. Surat-menyurat

photo via : mamikos.com

Di jaman kakek nenek kalian, sepertinya mobilephone belum banyak dimiliki oleh masyarakat karena hanya kaum elit yang bisa memilikinya. Untuk itu mereka yang hidup dijaman itu biasanya akan berkirim surat untuk sanak saudara maupun teman dan kerabat yang tinggal jauh hanya untuk menanyakan kabar. Entah masih diajarkan hingga sekarang, namun jaman dulu etika menulis surat menjadi materi yang wajib diajarkan untuk para pelajar. Kebiasaan surat-menyurat yang populer dijaman kakek nenek ini perlahan-lahan mulai tergeser dengan adanya mobile phone. Saat ini kita tak perlu susah-susah menulis surat dan menghabiskan banyak kertas, karena dengan mobilephone atau smartphone kita bisa mengirim sms, chatting hingga melakukan video call.

3. Saling mengirim kartu ucapan

photo via : http://www.greatprintable.us

Mungkin saat ini masih ada segelintir orang yang mengirim ataupun menerima kartu ucapan. Walau masih ada namun tak dapat dipungkiri jika kebiasaan ini tak seramai jaman dulu. Dimana menerima kartu ucapan hari raya ataupun ulang tahun dari orang-orang tersayang adalah suatu kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri. Namun saat ini kartu ucapan sudah tersedia dalam bentuk email ataupun ecards yang bisa kamu simpan atau kamu sebarkan ke orang lain. Namun tak bisa dipungkiri jika menerima kartu ucapan dalam bentuk cetak akan lebih seru.

4. Baca koran

photo via : www.flickr.com

Keberadaan koran saat ini sudah tak sepopuler jaman dulu. Walaupun surat kabar atau koran masih dicetak atau diproduksi setiap harinya, namun tak banyak orang yang membaca berita melalui koran. Saat ini kebanyakan orang beralih ke internet untuk mencari dan membaca berita. Pasalnya melalui mobilephone, mereka sudah dapat mengakses berbagai macam berita dari yang jaman dulu hingga yang terkini. Bukan hanya berita, artikel hingga video bisa mereka akses melalui mobilephone atau smartphone mereka.

5. Mengirim info penting melalui telegraf

photo via : id.wikipedia.org

Telegraf pada jaman dulu biasanya dimiliki oleh perusahaan-perusahaan ataupun kantor-kantor. Telegram sendiri berfungsi untuk mengirim dan menerima pesan jarak jauh. Biasanya hanya pesan penting yang dikirim melalui telegraf dan biasanya menggunakan morse sebagai kode komunikasi. Namun saat ini kebiasaan menggunakan telegraf tergantikan dengan adanya email dan berbagai media chatting yang dapat dengan mudah digunakan melalui mobilephone.

6. Mencari tempat dengan peta cetak

photo via : http://upperhandchiro.com

Dijaman dulu orang-orang belajar geografi atau jalan-jalan pastilah membawa peta cetak untuk mempermudah dalam mencari suatu daerah. Namun, peta cetak sudah tidak berlaku sekarang, karena dengan adanya handphone, kita bisa menemukan tempat tujuan dengan menggunakan google maps atau fitur GPS, yang memuat semua lokasi yang dapat dijumpai.

7. Menonton konser

photo via : www.kqed.org dan nypost.com

Walaupun tak sepenuhnya salah smartphone, namun tak bisa dipungkiri suasana konser yang dulu dan sekarang sangat jauh berbeda gara-gara adanya smartphone. Di jaman dulu, orang-orang menonton konser ya hanya menonton konser. Namun dijaman sekarang ini, orang-orang malah sibuk mengambil foto dan merekam penampilan artis dengan smartphone mereka. Hal ini membuat kebiasaan menonton konser jaman dulu yang nyaman dan tenang menjadi sedikit rusak karena ada banyaknya smartphone yang diangkat sehingga menghalangi penonton lainnya untuk melihat konser.

8. Kebiasaan bermain permainan tradisional

photo via : http://www.robiarmilus.com

Sebelum mobilephone atau smartphone muncul, banyak anak-anak yang mengisi waktu luangnya dengan bermain permainan tradisional. Bermain sambil bercanda dengan teman-teman dan terlihat seru dan mengasyikkan. Namun setelah ponsel merajalela apalagi ponsel pintar, kebiasaan ini semakin terkikis hingga sangat jarang kita melihat anak-anak yang bermain permainan tradisioan. Anak-anak jaman sekarang hanya disibukkan dengan bermain game melalui smartphone di genggamannya. Ya memang tak bisa dipungkiri jika didalam smartphone kita bisa dengan mudah mencari berbagai macam game atau permainan yang kita sukai.

9. Menggunakan kamera

photo via : journal.sociolla.com

Dijaman dulu kamera film memang populer untuk mengambil gambar. Namun untuk melihat hasilnya, kamu harus mencetak terlebih dahulu sehingga memakan banyak waktu dan uang. Namun perlahan-lahan kamera film mulai tergantikan dengan adanya kamera digital. Dengan kamera digital kamu tak perlu repot-repot membeli rol film karena gambar disimpan ke dalam memory card yang bisa dipakai berulang-ulang, sehingga membuatnya lebih hemat. Namun sekarang ini kebanyakan kamera digital hanya digunakan untuk mereka yang berprofesi sebagai fotografer atau yang memiliki hobi fotografi. Namun untuk orang-orang biasa mereka lebih memilih menggunakan kamera smartphone mereka untuk mengambil gambar atau sekedar selfie. Karena tak bisa dipungkiri saat ini telah banyak smartphone yang menyediakan kualitas kamera yang melebihi kamera digital.

10. Mendengar radio

photo via : www.idntimes.com

Dijaman dulu, radio adalah satu-satunya hiburan yang bisa mereka nikmati. Dengan radio kita bisa mendengar lagu-lagu yang sedang populer dan menitip salam untuk orang tercinta hingga bisa merequest lagu yang kita inginkan. Namun dengan perkembangan jaman yang semakin canggih, posisi radio sebagai tempat mendengar musik dan lagu terpopuler telah digantikan oleh mobilephone atau smartphone. Karena dengan adanya smartphone kita bisa dengan mudah memutar dan mengakses lagu kesayangan tanpa perlu repot-repot menghubungi radio.

11. Menggunakan walkman

photo via : www.evolife.cn

Keberadaan Walkman sangatlah menghibur di masanya. Walkman sendiri merupakan sebuah alat untuk memutar kaset berisikan musik. Dengan Walkman ini, kita juga dapat merekam suara dengan menggunakan sebuah kaset kosong. Akan tetapi, dengan hadirnya MP3 player belakangan, dan ditambah dengan hadirnya smartphone yang lebih canggih darinya, membuat walkman tak lagi digunakan hingga punah dimakan jaman.

12. Menggunakan jam tangan dan weker

photo via : www.androidcentral.com

photo via : www.inspiringwomen.co.za

Hadirnya handphone memang secara tak langsung menggeser keberadaan beberapa item sehari-hari. Salah satunya adalah jam tangan. Walaupun banyak orang yang tetap menggunakan jam tangan sebagai fahion item namun tak sedikit pula yang memilih melihat smartphonenya untuk melihat waktu. Selain itu jam weker juga perlahan terkena imbasnya karena kemunculan smartphone, pasalnya seperti yang kita tahu, di handphone biasa hingga smartphone telah tersedia fitur jam weker yang bisa dengan mudah kita atur sesuka hati kita.

13. Menggunakan kalkulator

photo via : learningpartnerships.com.au

Kalkulator merupakan sebuah alat untuk menghitung atau melakukan kalkulasi. Dahulu, alat ini cukup populer di jamannya, namun dengan adanya smartphone yang juga memiliki fitur kalkulator, alat ini mulai dinomorduakan. Mungkin hanya penjual di pasar atau toko kios saja yang masih menggunakan jasa kalkulator.

14. Menulis di buku saku catatan

photo via : www.videoblocks.com

Dulu mencatat adalah yang penting bagi para pekerja seperti wartawan dan semacamnya. Mencatat juga dilakukan setiap harinya oleh semua pelajar. Namun mencatat sudah mulai ditinggalkan dijaman smartphone ini. Pasalnya meraka lebih memilih memanfaatkan aplikasi rekam suara maupun video yang ada di mobilephone mereka untuk menyimpan data maupun informasi yang mereka inginkan.

15. Menulis di buku agenda harian

photo via : shop.leadersinheels.com

Sama halnya dengan buku catatan, buku agenda juga buku yang wajib dimiliki oleh orang-orang sibuk dijamannya. Buku agenda ini dibuat untuk mengingat adanya janji atau berbagai jadwal kegiatan lainnya agar dapat tersusun rapi. Namun, dengan hadirnya handphone atau smartphone, membuat buku harian atau pun agenda jadwal tidak lagi bermakna di saat ini. Pasalnya didalam smartphone kalian sekarang, kalian sudah dapat mengaktifkan fitur pengingat jadwal harian dan ponsel pun bisa memberikan bunyi alarm untuk mengingatkan adanya jadwal yang harus dilakukan.

16. Menggunakan telepon umum dan wartel

photo via : http://beritadaerah.co.id

Dulu untuk berkomunikasi dengan kerabat yang tinggal jauh, masyarakat memanfaatkan fasilitas telepon umum. Telepon umum ini biasanya disediakan dibeberapa titik kota ataupun desa untuk mempermudah masayarakat untuk berkomunikasi dari tempat jauh. Dijamannya telepon umum ini sangat populer bahkan orang-orang rela antre untuk mendapatkan kesempatan menggunakan telepon umum.

photo via : http://www.anjarsetyoko.com

Setelah telepon umum, mulai banyak muncul wartel, atau Warung Telekomunikasi. Wartel sendiri adalah tempat yang disediakan untuk pelayanan jasa telekomunikasi untuk umum yang dimiliki oleh perorangan, badan usaha atau koperasi. Stelah adanya wartel, secara perlahan telepon umum mulai tersaingi. Banyak masyarakat lebih memilih wartel karena tempatnya lebih nyaman, serta disediakan tempat duduk. Namun kejayaan wartel juga tak bertahan lama, karena mobilephone sudah mulai merajai dunia komunikasi. Dengan adanya mobilephone masyarakat bisa berkomunikasi dengan kerabat jauh kapanpun, dimanapun dan tidak terbatas waktu seperti menggunakan telepon umum maupun wartel. Karena hal itulah telepon umum dan wartel sekarang ini hanya tinggal nama saja.