Disindir Warganet karena Warna Kulit, Jawaban Artis Nana Mirdad Buka Mata Soal Definisi Cantik

Artis Nana Mirdad (foto via Instagram)

MALANGTIMES – Hanna Natasya Maria Mirdad atau dikenal dengan nama Nana Mirdad memang sudah lama vakum dari layar kaca. Sejak menikah, ia dan sang suami artis Andrew White memutuskan tinggal di Bali.

Wanita kelahiran 14 Maret 1985 itu pun lebih fokus mengurus dua buah hati mereka, Jason dan Sarah White. Meski tak lagi berkutat di dunia entertainment, nama Nana Mirdad tetap bersinar. Terbukti jumlah pengikut Nana di Instagram tidak kalah dengan artis lain yakni sebanyak 1,9 juta followers. 

Selain menekuni bisnis kosmetik, Nana tak pernah sepi dari tawaran promosi produk atau endorse. Potret produk yang ia promosikan pun banyak diunggah di Instagram miliknya, @nanamirdad_. Sama seperti artis lain, Nana pun tak sepi dari komentar nyinyir warganet. Ada yang berkomentar soal warna kulit Nana. 

“Nana kamu beruntung banget sih dapet Andrew. Suami kamu itu putih dan ganteng. Bersyukurlah kamu yang hanya kulit sawo matang,” tulis warganet. Tak jelas siapa warganet yang berkomentar terhadap Nana. Sebab sang artis memilih menyembunyikan nama warganet tersebut.

Sindiran warna kulit disampaikan melalui Direct Message (DM). Nana pun memposting ulang isi pesan tersebut di Insta Story. Apa jawaban Nana? 


Tangkapan layar Insta Story yang diunggah artis Nana Mirdad tentang definisi cantik (foto via Instagram @nanamirdad_)

“DM ini menurutku lucu. Bingung dengan orang-orang yang merasa bahwa mendapatkan suami yang putih ganteng itu adalah keberuntungan yang sesungguhnya. Apalagi setelah itu bilang bahwa aku harus bersyukur karena kulitku sawo matang. Sebaiknya lihat orang jangan hanya dari warna kulitnya. Bagian luar manusia enggak jadi jaminan pernikahan akan bahagia karena beauty fades after a while. But charachter last forever (kecantikan akan pudar dalam satu waktu tetapi kepribadian bertahan selamanya),” tulis Nana.

Wanita kelahiran Jakarta itu pun melanjutkan pendapatnya tentang definisi cantik. Bagi sebagian orang Indonesia, kecantikan agaknya sebatas warna kulit yang terang.

“And you know what I think (dan kamu tahu saya rasa) warna kulit sawo matang is amazing (adalah luar biasa). Jangan pernah merasa minder dengan warna kulit kita apapun itu. Semua race (ras bangsa) punya kecantikan dan keunikan masing-masing. Putih bukan berarti selalu lebih baik dari sawo matang. This is very misleading mindset (ini adalah cara pikir yang keliru) yang sering ditanamkan di benak orang Indonesia. Be proud of your skin color (banggalah dengan warna kulit kamu). Stop membeda-bedakan,” tulis Nana. (*)