Crazy Rich Surabayan VS Crazy Rich Bekasians, Apa Fakta Sebenarnya?

Para warganet sepertinya sedang ramai membicarakan tentang tagar yang sedang viral saat ini yaktu #crazyrichsurabayan dan #crazyrichbekasians. Dua tagar ini sedang marak didunia maya dan saling bersaing memamerkan cerita tentang kekayaan orang-orang dikota masing-masing. Namun taukah kalian darimana asal tagar #crazyrichsurabayan dan #crazyrichbekasians ini muncul? berikut fakta-faktanya

1. Berawal dari film Crazy Rich Asians

photo via : www.imdb.com

Ada yang udah nonton film Crazy Rich Asian? Film produksi Warner Bros Pictures ini merupakan salah satu film bergenre romatis-komedi yang diangkat dari sebuah novel dengan judul yang sama karya Kevin Kwan. Film ini menceritakan tentang seorang gadis bernama Rachel Chu (Constance Wu) yang lahir dan tumbuh besar di Amerika Serikat dan kekasihnya, Nick Young (Henry Golding).

photo via : http://www.latimes.com

Film ini menggambarkan mengenai kehidupan kelas atas para konglomerat di Asia. Dari sinilah muncul tagar #crazyrichsurabayan. Hastag ini muncul dari tokoh figuran yang disebut berasal dari keluarga kaya Indonesia, seorang perempuan bernama Wandi Meggaharto Widjawa. Seolah tak mau kalah dengan Crazy Rich Asians, para warganert Indonesia pun membuat tagar #CrazyRichSurabayan di twitter dan sukses menjadi tranding topic sejak Jumat 14 September 2018 lalu.

2. Cuitan di twitter yang menggambarkan kehidupan para konglomerat di Surabaya.

#CrazyRichSurabayan merupakan tagar yang dibuat di medsos seperti twitter untuk menggambarkan cara konglomerat Surabaya dalam menghabiskan uangnya. Cerita mengenai Crazy Rich Surabaya ini pertama dibagikan oleh seorang warganet dengan akun @btari_durga dan kemudian banyak ditanggapi warganet lain yang punya pengalaman serupa. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

Berbagai macam kisah unik dan kocak mengenai para konglomerat Surabaya ini cukup membuat mulut menganga saking terkejutnya dan juga cukup menghibur. Mulai dari anak konglomerat yang harus izin sekolah karena harus melakukan imuniasasi, dan imunisaninya harus ke Jepang, hingga Memberikan iPod sebagai bingkisan ulang tahun kepada seluruh teman sekalas anaknya. Ada juga yang saking banyaknya memiliki rumah, sampai lupa dimana saja ia memiliki rumah.

photo via : /twitter.com/btari_durga

3. #CrazyRichSurabayan, meskipun kaya namun mereka berpenampilan sederhana

Para warganet yang pernah memiliki pengalaman bertemu dengan #CrazyRichSurabayan membagikan kisah mereka dalam sebuah postingan di medsos. Mereka menceritakan kalau #CrazyRichSurabayan itu meskipun terlahir dengan harta berlimpah, namun mereka tetap berpenampilan sederhana. Seperti cuitan yang ditulis oleh akun @ismiminarsy yang mengatakan bahwa kebanyakan orang pasti berpikir kalau #CrazyRichSurabayan itu berpenampilan mewah dan berkelas, tapi biasanya yang kaya itu malah menggunakan celana pendek dan kaos serta sandal jepit, namun kalau disaat-saat tertentu bisa mengeluarkan duit segepok dengan mudahnya.

Bahkan saat sedekahpun mereka bisa membuat orang-orang jadi syok. Seperti tulisan yang diposting oleh akun @NonaNinja mengenai #CrazyRichSurabayan. Dalam postingannya ia menceritakan mengenai seorang #CrazyRichSurabayan yang akan memberi donasi ke yayasan Pendekar Anak dari Unicef Indonesia. Saat petugas menyarankan agar mendonasikan kira-kira 150 ribu rupiah hingga 200 ribu rupiah, #CrazyRichSurabayan justru meminta 1 juta rupiah. Hal itu membuat sang petugas bingung dan syok mendengar nominal yang diajukan #CrazyRichSurabayan, pasalnya donasi tersebut merupakan donasi jangka panjang yang harus didonasikan tiap bulan. Berikut beberapa cuitan kocak lainnya tentang ‘orang kaya’ Surabaya.

photo via : /twitter.com/keipoetri

photo via : /twitter.com/inijie

photo via : twitter.com/ANSRMD

photo : twitter.com/btari_durga

4. Munculnya #CrazyRichBekasians yang menyaingi #CrazyRichSurabayan

Setelah jagat Twitter diramaikan oleh cerita gaya hidup orang kaya Surabaya lewat tagar #CrazyRichSurabayans yang terinspirasi film Crazy Rich Asian, muncul lagi tagar baru yang bikin ngakak. Kali ini tagar #CrazyRichBekasians menyajikan cuitan serupa tapi versi yang lebih ‘rendah diri’.

Tagar ini dimulai dari sebuah thread Twitter oleh akun @zarryhendrik yang merupakan warga Bekasi. Kemudian, thread ini menjadi semakin panjang setelah netizen lain ikut menuliskan pengalamannya saat bertemu #CrazyRichBekasians. Saking ramainya cuitan dengan hastag #CrazyRichBekasians. #CrazyRichBekasians menduduki peringkat pertama Trending Topic Indonesia dengan lebih dari 6.000 cuitan. Cuitan awal @zarryhendrik sendiri telah memperoleh 740 retweet dan 449 like.

5. #CrazyRichBekasians berisi cerita yang terkesan lebih surealis

Kalau tagar #CrazyRichSurabayan berisi tentang cerita gaya hidup orang-orang kaya di Surabaya, #CrazyRichBekasians justru berisi cerita yang terkesan lebih surreal. Bahkan hingga menyerupai sebuah meme atau joke. Berikut beberapa cuitan kocak tentang ‘orang kaya’ Bekasi. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

photo via : twitter.com/zarryhendrik

photo via : /twitter.com/fandomtrashie

photo via : /twitter.com/fandomtrashie