Cara Melaporkan Order Fiktif (Opik) Biar Grab Semakin Bersih Dari Kecurangan

Cara Melaporkan Order Fiktif Grab Header

Gadgetren – Sejak awal tahun ini, perusahaan Grab telah meluncurkan program Grab Lawan Opik! berskala nasional, guna mendukung dan melindungi mitra pengemudinya dari kecurangan Order Fiktif.

Grab merupakan salah satu platform O2O (Online to Offline) di bidang transportasi yang cukup tegas dalam permasalahan pemesanan fiktif, yang biasanya lebih dikenal dengan Opik oleh para mitra pengemudinya.

Hal ini dibuktikan, dengan banyak pelaku kecurangan yang menggunakan aplikasi GPS palsu mulai tertangkap oleh polisi di berbagai daerah di Indonesia sejak saat program Grab Lawan Opik! diluncurkan.

Namun meskipun demikian, Grab masih menjalankan program tersebut, karena jenis kecurangan order fiktif tidak hanya bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi GPS palsu. Untuk itu, Grab mengajak masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam program tersebut.

Menariknya, Grab pun menyiapkan imbalan hingga USD 1000 bagi orang pertama yang melaporkan salah satu jenis kecurangan yang memiliki dampak bagi sistem layanan Grab. Dalam hal ini Grab berhak menentukan batas minimum kecurangan.

Nah, bagi kamu yang menemukan salah satu bentuk kecurangan di layanan Grab, termasuk order fiktif, kamu bisa melaporkan kecurangan tersebut dengan cara berikut ini.

Cara Melaporkan Order Fiktif Grab

  1. Buka halaman pelaporan kecurangan – Grab FairPlay berikut ini
  2. Setelah terbuka, skrol ke bawah sampai muncul formulir isian
  3. Isi kolom sesuai dengan yang diminta, dari mulai Nama Lengkap, Nomor HP, E-mail, Kota, Pelaku, Informasi Kecurangan dan lain sebagainya
  4. Kemudian, unggah bukti dengan mengetuk tombol UPLOAD FOTO
  5. Jika sudah, tekan tombol KIRIM

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum kamu melaporkan bentuk kecurangan di layanan Grab, di mana kamu harus memiliki penjelasan lengkap dan detail, seperti apa kelemahan yang harus diatasi, bagaimana cara penyalahgunaannya dan seberapa besar dampaknya terhadap Grab.

Untuk dapat melaporkan kecurangan di layanan Grab, kamu pun harus memiliki bukti, baik foto maupun video, yang dapat menjelaskan langkah-langkah kecurangan tersebut dapat dilakukan.

Melalui sistem Grab FairPlay tersebut, kamu tidak hanya bisa melaporkan bentuk kecurangan dari mitra pengemudi saja, namun juga bisa digunakan untuk melaporkan pengguna dan mitra kerja sama Grab.

Selain dengan menggunakan cara di atas pun, kamu pun bisa melaporkan bentuk kecurangan di layanan Grab dengan melaporkan detailnya melalui surat elektronik ke fairplay@grab.com.