Aduhai, Ini Dia 7 Game dengan Suara yang Indah!

Sering kita mendengar istilah game dengan grafis bagus atau gameplay bagus. Tetapi jarang sekali kita mendengar istilah game dengan suara yang indah bukan? Pada artikel kali ini, penulis akan sebutkan game-game apa saja yang memiliki suara yang aduhai.

Sound atau suara sering dianggap remeh oleh banyak kalangan gamers, khususnya pemainnya sendiri. Perlu diketahui bahwa pendengaran adalah salah satu indra paling kuat dibanding indra-indra lainnya.

Ketika kita mendengarkan sebuah lagu di dalam game, atau backsound di dalam game yang khas atau iconic, maka secara tidak sadar kamu akan menyimpannya dan mengenangnya di dalam memori otakmu.

Pada dasarnya, sebuah game selain memiliki cerita atau gameplay yang bagus, juga perlu desain suara yang bagus. Sekedar intermezzo, banyak sekali lho perusahaan game yang menghabiskan dana berjuta-juta dolar untuk produksi suara.

Nah, tanpa panang lebar, yuk kita lihat game dengan suara yang indah berikut ini:

1

sumber: dokumentasi duniaku.net

Ada seseorang bernama Andy Lackey yang merupakan senior di bidang produksi suara. Ia mengatakan bahwa desain suara pada semua seri Battlefield sangat-sangat detail.

Dalam artian, mereka sangat detail terhadap kualitas suaranya. Karena Battlefield banyak sekali suara ledakan atau mesin, tim developer ingin membuat seakan-akan kita, para pemainnya berasa di dalam lapangan pertempuran sesungguhnya.

Jika kamu pemain Battlefield, mungkin kamu tidak akan secara langsung sadar karena fokus kamu adalah mengalahkan lawan dan bertahan hidup. Tetapi coba sekali-kali perhatikan suaranya.

2

sumber: dokumentasi duniaku.net

Nah, kalau yang satu ini memang agak unik. Ada pemain The Sims di sini? Jika kamu pernah memainkan game simulasi kehidupan ini, kamu akan sadar bahwa karakter di dalam game ini pada ngomong apaan sih.

Mereka seakan berucap-ucap sambil kumur-kumur kali ya. Ternyata hal tersebut memang disengaja oleh tim pembuat game. Kenapa? Simpel.

The Sims merupakan game simulasi kehidupan yang bisa membuat kamu bisa melakukan apa saja pada karaktermu atau membangun seperti apa rumahmu.

Tim pengembang game juga ingin kamu memiliki keleluasaan dalam mengartikan apapun yang diucapkan oleh karakter sesuai maumu.

Jadi, suara yang diucapkan oleh karakter-karaktermu tidak eror kok tenang, memang disengaja.

3

Ada yang pernah main Bioshock  di sini, khusunya Bioshock 2? Satu lagi game yang mendapatkan pujian dari komposer suara.

Bioshock 2 sejak awal game memfokuskan pada satu tujuan: empati pemain terhadap Big Daddy, pemeran utama di game tersebut.

Game ini memang selalu menghadirkan suasana menegangkan sepanjang permainan. Suara apapun yang muncul di dalam game ini akan membuat kamu di ujung tempat kamu duduk.

Ya, hal sekecil tetesan air hingga suara teriakan akan membuat kamu merasa seakan kamu sedang berada di dalam game-nya langsung.

4

Game dengan Suara yang Indah

sumber: dokumentasi duniaku.net

Game dengan suara indah berikutnya adalah Portal 2. Game ini merupakan sebuah game bertema futuristik yang menuntut kamu untuk menyelesaikan berbagai macam puzzle-puzzle.

Seorang ahli suara mengatakan bahwa perpaduan antara dialog dengan permainan sangat menyentuh dan berkaitan (walaupun game ini merupakan game puzzle).

Dari segi efek suara, perpaduan antara bagaimana kita menyelesaikan sebuah puzzle dengan efek suara yang didengar sangat pas dan cocok dimainkan setiap saat.

Sebagai tambahan, satu hal yang menonjol dalam game ini adalah bagaimana musik-musik yang dimainkan dalam puzzle-puzzle bernuansa gelap mampu membuat para pemainnya merasakan sensasi tiada dua.

5

sumber: dokumentasi duniaku.net

Game yang satu ini memafaatkan suara untuk membuat para pemainnya selalu dalam keadaan waswas. Selain game Dead Space memiliki berbagai macam karakter dengan desain yang sadis-sadis, game ini bisa dibilang merupakan rajanya game bertema horor FPS (dari segi desain suara).

Okelah mungkin dalam pikiran kamu ga cuman Dead Space aja kok yang kaya begitu, banyak game-game lain seperti Resident Evil. Jika kamu pernah berman Resident Evil, penulis akan katakan, kualitas desain suara sangat berbeda jauh dengan game yang satu ini.

Resident Evil tidak sepenuhnya memanfaatkan suara sebagai sarana mengagetkan pemainnya. Tetapi kalau Dead Space. Kamu harus rasakan langsung.

6

sumber: dokumentasi duniaku.net

Salah satu game paling menyentuh dibanding game-game lainnya ditambah menjadi game dengan suara yang indah dalam daftar game kali ini adalah That Dragon, Cancer. Game ini adalah game simulasi kehidupan seorang anak yang berjuang 4 tahun melawan kanker.

Ceritanya yang sedih juga dilengkapi dengan musik dan perpaduan suara yang rasanya pengen bikin nangis. Banyak pula review yang menyatakan bahwa game ini memang unggulnya di desain suara.

Bahkan, banyak pula yang mengatakan mereka lebih tersentuh karena musiknya sendiri bisa membuat mereka menangis. Kalau kamu belum mencoba bermain game ini, kamu harus coba memainkannya!

7

sumber: dokumentasi duniaku.net

Game dengan suara yang indah terakhir adalah Her Story. Ok, game yang satu ini bener-bener sangat amat unik. By the way, kamu tidak salah liat gambar di atas kok. Game-nya memang benar-benar seperti itu :)

Kamu adalah seorang detektif yang ditugaskan untuk mendengarkan cerita-cerita dari wanita-wanita yang sebelumnya pernah diinterogasi. Kamu ditugaskan untuk mencari seorang pria yang hilang.

Game yang bernuansa era teknologi tradisional ini mengandalkan suara interogasi wanita-wanita yang terdengar sangat realistis. Game ini seakan membawa suasana 1994 ke dalam era modern saat ini.

Nah, itu tadi merupakan 7 game dengan suara yang indah. Kira-kira kamu setuju ngga dengan daftar yang sudah kami buat? Tulis pendapatmu di kolom komentar yaa.