10 Stadion Sepak Bola Termegah di Dunia

Sepak bola adalah salah satu olahraga yang saat ini sedang banyak diminati oleh orang – orang di dunia, apa lagi tiap empat tahun sekali terdapat event olahraga kusus sepak bola yakni piala dunia. Untuk menampung animo dukungan para masyarakat penikmat boa dan juga memberikan tempat yan glayak bagi para atlet untuk bertanding, tentu saja diperlukan sebuah stadion sepak bola yang berkualitas dan juga megah.

Namun kata megah dalam hal stadion sepak bola, bukan berarti harus mampu menampung banyak penonton saja. Walaupun memang kapasitas penonton suatu stadion sepak bola juga menentukan nilai dari stadion tersebut dan daya tampung dari stadion. Kemegahan dari stadion sepak bola dapat kita nilai dari bagaimana kualitas dari stadion itu sendiri seperti pada bagian bangku penonton, kualitas rumput lapangan dan juga kuaitas ruang tunggu pemain sebelum mulai bertanding. Dan berikut ini adalah beberapa daftar stadion termegah di dunia.

1. Old Trafford

photo via : wallart.london

Kalau kamu pecinta bola kususnya liga inggris, pendukung MU / Manchester United, kalian pasti tahu stadion ini. Ya, stadion Old Trafford merupakan stadion kebanggaan tim Manchester United dan merupakan home base dari Manchester United. Stadion Old Trafford ini sendiri terletak di Inggris tepatnya berada di kota Greater Manchester. Dengan kapasitas penonton yang dimiliki oleh stadion ini yang hampir mencapai 75.600 ini, menjadikan stadion Old Trafford sebagai stadion terbesar ke 11 di benua Eropa. Dahulu, saat terjadi perang dunia ke 2, stadion yang satu ini pernah hancur dikarenakan terkena dampak dari peperangan besar tersebut. Namun saat ini, kita masih mampu untuk melihat kemegahan dari stadion ini dan bahkan stadion ini menjadi salah satu stadion kebanggaan Inggris.

2. Camp Nou

photo via : www.barcablaugranes.com

Jika di Inggris ada Camp Nou milik Manchester United, Di spanyol, tepatnya kota Barcelona kamu bisa menemukan stadion Camp Nou. Stadion megah ini merupakan markas besar dari sepak bola Barcelona dan sekaligus merupakan pemiliki dari stadion ini. Stadion Camp Nou sendiri memiliki kapasitas penonton hingga 99.354 penonton dan dianggap sebagai salah satu stadion terbesar di dunia. Selain sebagai tempat untuk pertandingan sepak bola, khususnya untuk tim Barca dan timnas Spanyol, stadion Camp Nou juga digunakan sebagai tempat diadakannya berbagai event – event yang memerlukan tempat yang luas dan dengan jumlah penonton yang banyak.

3. Emirates Stadium

photo via : www.arsenal.com

Kalian pasti juga mengenal stadion ini, masih berada di kota london Inggris, stadion ini menjadi salah satu stadion termegah lainnya yang berada di London Inggris. Stadion ini merupakan markas besar dari tim Arsenal dengan disponsori oleh perusahaan penerbangan Emirates yang tentu saja telah disetujui oleh pihak Arsenal. Adapaun kepemilikan resmi dari stadion ini adalah dimiliki oleh tim Arsenal. Dengan kapasitas bangku penonton yang mencapai 60.355 penonton ini, jadi wajar jika dikatakan stadion ini merupakan salah satu stadion termegah. Ditambah lagi berbagai fasilitas yang ada di dalam stadion sendiri.

4. Estadio Santiago Bernabeu

photo via : reyadhyaksa.blogspot.com

Nah kalau yang tadi adalah stadion milik Barcelona di Spanyol, kali ini adalah stadion milik tim rival dari Barcelona. Siapa lagi kalau bukan Real Madrid. Tim ini memang bisa dibilang tim sepak bola yang sarat akan bintang. Mulai dari David Beckham, hingga Christiano Ronaldo pernah merumput di tim ini. Adapun stadion termegah yang dimiliki oleh Real Madrid adalah stadion Estadio Santiago Bernabeu. Sama seperti tim yang memiliki markas disini, stadion ini pun tak kalah elitnya dari stadion yang lain. Apalagi stadion ini sendiri mampu menampung penonton hingga 120.000 penonton. Jumlah yang sangat besar bisa dikatakan dimiliki oleh stadion yang berlokasi di kota Madrid Spanyol.

5. Allianz Arena

photo via : mysmartapro.wordpress.com

Benua Eropa memang benua yang memiliki kualitas sepak bola yang lebih baik dibandingkan dengan negara – negara di benua lainnya. Mungkin salah satu penyebabnya adalah animo masyrakat di eropa sebagian besar memang suka dengan sepak bola. Nah, untuk stadion termegah selanjutnya datang dari salah satu negara di Eropa yakni Jerman. Stadion Allianz Arena ini merupakan salah satu stadion termegah di Jerman yang memiliki kapasitas penonton hingga 75.000 penonton. Markas besar Bayern Munchen ini merupakan stadion yang terkenal akan keindahannya. Hal itu diakarenakan dinding dari stadion ini mampu berubah warna yang membuat stdaion ini menjadi lebih hidup. Saking megahnya stadion ini, Allianz Arena bahkan pernah dipercaya sebagai tempat pembukaan piala dunia 2006.

6. San Siro

photo via : isorepublic.com

Dari Jerman kita sekarang terbang ke Italia. Salah satu stadion termagah yang dimiliki oleh italia adalah stadion San Siro yang mempu menampung hingga 80.018 penonton. Stadion yang menjadi markas besar dari Inter Milan dan AC Milan ini terletak di kota Milan Italia. Mungkin terdengar agak sedikit aneh tapi stadion ini merupakan maskar besar dari kedua tim ini. Meskipun kedua tim ini saling bersaing dalam perebutan gelar juara dalam liga, namun kedua tim ini sepakat menjadikan stadion ini sebagai markas besar mereka berdua.

7. Wembley Stadium

photo via : www.varzesh11.com

Untuk stadion termegah selanjutnya adalah milik timnas Inggris dan saat ini merupakan base camp dari Tottenham Hotspur hingga akhir tahun 2018. Stadion utama miliki Inggris ini bisa dikatakan super megah. Bayangkan saja untuk biaya pembuatan dari stadion ini saja dibutuhkan biaya sebesar 1,5 milyar dolar untuk menyelesaikan pembangunannya. Selain itu, stadion kebanggaan Inggris ini juga mampu menampung penonton hingga 90.000 penonton. Dengan segala bentuk kemewahan yang dimiliki oleh stadion ini, delegasi FIFA menobatkan stadion ini sebagai stadion termewah dan termegah di dunia.

8. Soccer City

photo via : stadiumdb.com

Stadion selanjutnya datang dari benua Afrika yakni di negara Afrika Selatan. Nama dari stadion ini sebenarnya bukanlah Soccer City, melainkan First National Bank Stadium. Hanya saja sebulan sebelum penyelenggaraan piala dunia, nama tersebut diubah menjadi Soccer City. Hal tersebut dikarenakan, FIFA menolak penggunaan nama sponsor sebagai nama stadion dalam acara resmi FIFA. Soccer City sendiri saat ini merupakan stadion yang menjadi markas dari klub Kaizerchiefs. Stadion ini sendiri mungkin bisa dibilang termasuk stadion yan gbersejarah dimana merupakan stadion tempat nelson Mandela berpidato untuk terakhir kalinya sebelum dirinya meninggal pada 10 Desember 2013 silam.

9. Estadion Azteca, Mexico

photo via : www.aztecadeportes.com

Stadion kita selanjutnya adalah stadion yang berada di mezico dan merupakan stadion yang menyaksikan berbagai macam sejarah dalam dunia sepak bola. Stadion dengan kapasitas 95.500 penonton ini tentu saja amat megah dan juga merupakan satu satunya stadion yang pernah diselenggarakannya piala dunia sebanyak dua kali dalam sejarah. Di stadion ini juga pernah terjadi momen – momen penting dalam sejarah sepak bola. Sebut saja momen penting “Game of the Century” yang merupakan momen ketika Italia berhasil mengalahkan Jerman Barat dengan skor (4-3) dalam waktu tambahan dislah satu seifinal piala dunia 1970. Selain itu, stadion ini juga menjadi saksi bisu dari 2 buah gol sepktakuler yakni Goal of the Century dan juga Hand of God Goal milik Diego Maradona pada perempat final piala dunia 1986 yang ketika itu Argentina berhadapan dengan Inggris.

10. Borg El Arab Stadium, Mesir

photo via : en.wikipedia.org

Stadion kita yang terakhir datang dari negara mesir yang memiliki station bernama Borg El Arab Stadium dengan kapasitas stadion mencapai 86.000 penonton. Stadion ini ama t mewah dan megah. Saking mewahnya, stadion ini dilengkapi dengan hotel yang dapat menampung 200 tamu dengan fasilitas gym dan kolam renang serta memiliki lintasan lari raksasa di sekeliling lapangan yang biasanya digunakan untuk acara atletik di musim panas.
Sebagai stadion terbesar kedua di benua Afrika dan markas tim nasional Mesir, Borg El Arab Stadium juga pernah menjadi tempat upacara pembukaan Piala Dunia U-20 2009 sekaligus menjamu negara Trinidad dan Tobago di laga pembukaan dengan kemenangan 4-1 untuk Mesir.